Cara Cerdas Agar Segera Berangkat Haji

cara cepat naik haji
Begini Suasan Kota Makkah. Photo by Amr Nabil – Liputan 6

Setiap ummat muslim pasti ingin menginjakkan kaki di tanah suci menunaikan ibadah haji. Namun besarnya biaya ke tanah suci merupakan hambatan tersendiri bagi sebagian orang dengan pendapatan yang pas-pasan. Ibadah haji hanya sebatas impian yang sulit untuk digapai.

Tapi ada beberapa orang yang bisa mengatasi kendala biaya ini. Mulai dari berhemat hingga menerapkan menejemen keuangan yang baik. Sehingga pergi ka tanah suci bukan lagi mimpi. Kecerdasan mengatur keuangan ini membuat ibadah haji tidak hanya bisa dilaksanakan oleh mereka yang lansia. Banyak kalangan muda milenial yang sudah bisa melaksanakan ibadah haji.

Berbagai pengalaman pergi haji di usia muda dari beberapa orang bisa anda jadikan semangat untuk melakukan hal yang sama. Tak perlu menunggu usia tua untuk menjalankan ibadah haji. Lakukanlah ketika usia masih muda. Karena usia yang muda masih memiliki tenaga yang kuat untuk menjalankan berbagai rangkaian ibadah haji.

Jika niat ibadah haji sudah bulat, kendala biaya ini bisa diatasi dengan berbagai cara.

Trik Jitu Agar Segera Naik Haji

1. Membuka Tabungan Haji di Bank

Cara cepat naik haji yang pertama adalah dengan membuka tabungan haji. Mereka memulai mewujudkan ibadah haji ini dengan membuka tabungan haji di beberapa bank tertentu. Tabungan ini tak ubahnya seperti cicilan yang disesuaikan dengan kemampuan nasabah. Misalkan bulan ini hanya mampu menabung 100 ribu saja. Bulan depan mungkin bisa lebih banyak lagi. Begitupun seterusnya.

Ada banyak bank yang membuka tabungan khusus haji. Mulai dari bank syariah hingga bank konvensional dengan sistem yang berbeda-beda. Anda bisa memilih sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Hanya saja ada satu hal yang perlu diingat. Namanya juga tabungan haji. Jadi hanya bisa digunakan untuk berangkat haji. Tidak bisa diambil untuk keperluan lainnya.

2. Membuat Celengan Untuk Biaya Haji

Selain membuka tabungan di bank, cara cepat naik haji lainnya adalah dengan menabung menggunakan celengan. Anda bisa menggunakan celengan plastik dengan menyisihkan 20 ribu dalam sehari. Ketika celengan sudah penuh, anda bisa menggunakannya untuk investasi dimana keuntungannya akan digunakan sebagai ongkos naik haji.

Investasi ini beragam bentuknya. Bisa digunakan sebagai modal usaha, membeli ternak kemudian mengembangbiakkan, atau bisa juga dengan menabungnya kembali di bank atau berinvestasi dalam bentuk saham Syariah. Pilihlah investasi yang sesuai kemampuan dengan resiko paling kecil yang bisa ditanggung.

3. Memanfaatkan Promo dari Agen

Ada beberapa agent travel haji yang menyediakan paket hemat. Anda bisa memanfaatkannya sebagai salah satu cara cepat naik haji. Cara promonya beragam. Mulai dari potongan harga atau tambahan wisata ke negara lainnya. Antara satu agent dengan agent lainnya biasanya membuat jenis promo yang berbeda.

Tapi selalu ingat bahwa agent-agent itu tidak memberikannya secara percuma. Selalu ada sarat dan ketentuan yang berlaku. Selalu cek promo dan ketentuan ini dengan sebaik mungkin.

Untuk mengetahui kebenarannya, anda bisa membaca testimoni dari jamaah yang pernah menggunakan jasnya. Jika memang testimoni banyak yang positif, anda bisa langsung bertanya dengan customer service secara langsung tentang kebenaran dan sarat ketentuan yang berlaku.

4. Ajak Keluarga Haji Ramai-ramai

Semakin banyak jamaah, maka akan semakin murah harga yang diberikan. Karena biasanya ada diskon yang diberikan oleh agent travel. Ada dua jalur pemberangkatan ibadah haji. Jalur khusus dan jalur reguler. Biasanya jalur reguler inilah yang memberikan banyak diskon.

Anda bisa mengajak serta keluarga ramai-ramai untuk mendapatkan diskon dan cara cepat naik haji. Jika saudara tidak banyak yang mau karena kendala biaya, anda bisa mengajak serta tetangga, teman satu pengajian, teman satu arisan dan lain sebagainya.

5. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Agar bisa cepat naik haji tentu diperlukan menejemen keuangan yang baik. Jika tidak bisa menambah pendapatan untuk menambah tabungan haji, maka anda harus bisa hemat. Kurangi beberapa pengeluaran yang tidak perlu.

Satu gambaran saja. Misalkan anda suka nongkrong di kafe bersama teman. Atau liburan sekeluarga hingga menghabiskan dana yang lumayan banyak. Sebaiknya kurangi atau kalau perlu hilangkan kebiasaan tersebut. Alihkan dananya untuk menambah tabungan haji. Dengan demikian, impian untuk bisa segera beribadah haji ke tanah suci segera terwujud.

6. Membeli Perlengkapan Haji Secukupnya

Ketika anda mencoba menghitung berapa nilai budget untuk naik haji, pasti anda akan menghitung juga jumlah uang yang harus ada untuk membeli berbagai perlengkapan haji. Agar tidak memberatkan, belilah perlengkapan haji secukupnya saja. Jangan berlebihan. Karena semakin banyak membeli perlengkapan haji maka akan semakin banyak pula uang yang harus disiapkan.

Jika memungkinkan, anda bisa menggunakan perlengkapan second yang sudah ada. Misalnya perlengkapan yang pernah dipakai saudara untuk naik haji. Selain bisa memangkas anggaran, menggunakan perlengkapan yang sudah ada juga akan memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai.

7. Membangun Komitmen Untuk Diri Sendiri

Cara cepat naik haji yang terakhir adalah dengan membangun komitmen pada diri sendiri. Untuk membuka dan menambah terus menerus tabungan haji yang sudah ada. Mengurangi pengeluaran hidup yang tidak perlu. Serta senantiasa berdoa agar segera diberi kesempatan pergi haji ke tanah suci.

Anda boleh-boleh saja menerapkan semua tips di atas. Tapi jika tanpa disertai dengan doa, maka semuanya akan sia-sia. Meski terlihat sederhana, doa memiliki kekuatan yang hebat agar bisa segera terwujud. Dan Allah akan sangat menyukai hamba-Nya yang berdoa setiap memiliki keingianan.

Keuntungan Haji di Usia Muda

Setelah mengetahui cara cepat naik haji di atas, mungkin akan ada pemikiran untuk melaksanakan haji di usia muda. Tidak masalah. Semakin cepat mendaftar, maka akan semakin cepat pula pemberangkatannya. Mengingat masa tunggu ibadah haji bisa hingga 30 tahun.

Haji di usia muda sangat disarankan. Mengapa? Karena haji merupakan ibadah fisik. Dengan usia yang masih muda sangat memudahkan untuk menjalankan semua ibadah dengan sebaik mungkin. Dengan berbagai aktivitas ibadah yang padat, seperti tawaf, sai, melempar jumrah, dan lain sebagainya, jamaah dituntut untuk memiliki tubuh yang kuat.

Selain bisa menjalankan segala ibadah haji dengan sebaik mungkin, tenaga yang kuat juga memungkinkan untuk bisa membantu sesama jamaah. Haji di usia muda akan memberikan kesempatan bagi anda untuk menjalani hidup lebih baik setelahnya. Berbagai kehidupan di tanah suci yang akan anda temui bisa dijadikan gambaran bagaimana kehidupan muslim yang seharusnya.

Satu gambaran saja. Kebudayaan baik di tanah suci adalah kebiasaan masyarakatnya yang langsung meninggalkan segala aktifitas duniawi ketika adzan sudah berkumandang untuk menjalankan shalat wajib. Anda bisa meniru kebiasaan tersebut sekembalinya di tanah air. Atau kebiasaan lain yang kebanyakan masyarakatnya meniru segala prilaku Rasul dan sahabatnya.

Itulah bahasan singkat mengenai cara cepat naik haji dan keuntungan berhaji di usia muda. Semoga setelah membaca ini akan ada tindakan nyata untuk mewujudkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − three =