Bagaimana Definisi Cantik Perspektif Islam?

definisi cantik prespektif islam
Ilustrasi. Foot : Engin Akyurt

Definisi cantik perspektif Islam tentu saja berbeda dengan definisi cantik dalam perspektif umum. Seperti yang kita tahu bahwa wanita selalu menyukai kecantikan. Setiap wanita pasti ingin tampil secara maksimal. Masing-masing individu memiliki kelebihan tersendiri.

Islam menyampaikan definisi wanita cantik secara jelas. Islam tidak menilai seorang wanita cantik atau tidak bukan hanya karena penampilan fisiknya saja, namun justru kepada hati dan akhlaknya.

Banyak dari wanita modern seperti sekarang ini yang berlomba-lomba untuk tampil secara maksimal secara lahiriyah, namun sangat mengesampingkan kecantikan batiniah. Sebagai seorang wanita muslimah memang sebaiknya kita memahami secara benar, bagaimanakah sebenarnya Islam mendefinisikan wanita cantik.

Wanita muslim memiliki panutan yang sangat jelas. Sosok yang menjadi contoh serta teladan bagi wanita muslimah bukanlah artis-artis atau para primadona yang memiliki paras cantik. Ada banyak contoh wanita muslimah yang cantik dengan segala kelebihannya.

Salah satu contoh wanita cantik yang menjadi tauladan bagi setiap muslimah adalah seperti istri Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, ibu Khodijah. Selain itu ada juga putri Rasulullah yaitu Fatimah yang juga memiliki banyak kemuliaan sehingga masuk sebagai salah satu wanita cantik.

Definisi Cantik Perspektif Islam yang Perlu Diketahui

Apabila kita hanya menganggap bahwa wanita cantik adalah mereka yang memiliki kulit putih dengan postur tubuh yang proporsional, kita tentu hanya akan fokus untuk selalu memperbaiki penampilan saja. Padahal di luar sana banyak juga wanita-wanita dengan penampilan sederhana namun justru termasuk dalam definisi cantik perspektif Islam.

Agar semakin yakin dan mengetahui bagaimana definisi cantik perspektif Islam langsung saja ini dia beberapa poin yang wajib untuk diketahui:

1. Wanita yang Menutup Aurat

Wanita yang masuk sebagai salah satu definisi cantik perspektif Islam adalah wanita yang menutup aurat. Islam sudah jelas memerintahkan bahwa setiap wanita muslimah wajib mengenakan hijab atau menutup aurat secara sempurna.

Batasan aurat wanita muslimah adalah seluruh bagian tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Apabila seorang muslimah ingin mendapatkan ridho serta kasih sayang dari Allah tentu sebaiknya jangan sampai mengabaikan perintah yang satu ini.

Allah memerintahkan berjilbab atau berhijab karena kaum hawa dapat menjadi sumber fitnah. Ketika seorang wanita berjilbab, maka pastikan jika jilbabnya bukan jenis jilbab atau penutup tubuh mencolok sehingga tidak mengundang perhatian laki-laki.

2. Wanita yang Menjaga Kehormatan

Definisi cantik selanjutnya yaitu wanita yang menjaga kehormatan. Sadar atau tidak sadar, dunia ini sudah memasuki akhir zaman. Banyak dari wanita yang tidak menjaga kehormatannya. Bahkan banyak juga yang merasa santai atau bangga ketika laki-laki mempermainkannya.

Islam sangat melarang wanita bergaul secara berlebihan dengan yang bukan muhrimnya. Akibat dari pergaulan bebas bisa menyebabkan wanita kehilangan kehormatan dan bahkan menyebabkan banyak kasus hamil di luar nikah. Berzina merupakan dosa besar yang apabila tidak segera bertaubat, akan menyebabkan seseorang mendapatkan azab yang pedih di neraka.

3. Wanita yang Bijaksana

Wanita cantik selanjutnya yang juga masuk dalam definisi cantik secara Islam adalah yang bersikap bijaksana. Seorang muslimah memang hendaknya memiliki sifat yang bijaksana dan tidak mudah terbawa emosi. Bisa Anda bayangkan sendiri bagaimana jika seorang muslimah mudah marah, tentu kecantikannya akan tertutupi oleh emosi.

Berbeda halnya jika seorang muslimah memiliki sifat yang penyabar dan bijaksana. Meskipun memiliki penampilan yang biasa saja akan tetapi akan terlihat menarik dan menyejukkan. Wanita yang bijaksana mampu mengontrol emosinya dengan baik, sehingga orang lain akan merasa nyaman ketika berada di dekatnya.

4. Wanita yang Taat Kepada Allah

Definisi cantik selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah muslimah yang memiliki ketaatan kepada Allah. Apabila seorang muslimah mentaati perintah Allah dan menjauhi larangannya maka secara otomatis perilakunya juga akan terarah. Perilaku yang bagus dan hati yang mulia nanti membuat kecantikannya akan terpancar.

5. Wanita yang Taat Kepada Suami

Ciri wanita muslimah cantik selain taat pada Allah adalah taat kepada suaminya. Sudah tertulis jelas di Alquran, apabila kita ingin mendapatkan ridho dari Allah maka harus taat kepada suami. Ketaatan yang satu ini juga menjadi ciri dari wanita sholihah.

6. Wanita yang Berbakti

Definisi cantik perspektif Islam berikutnya yaitu wanita yang berbakti. Di jaman sekarang ini pergaulan bisa mempengaruhi sikap seseorang terhadap orang tua. Apabila seseorang memiliki prinsip yang kuat dan memiliki perilaku yang taat kepada Allah maka akan lebih mudah untuk berbakti kepada orang tua.

7. Wanita yang Berjuang dalam Islam

Wanita yang mampu berjuang dalam islam juga bisa masuk dalam definisi cantik perspektif Islam. Kewajiban dari wanita muslimah adalah taat kepada Allah dan kepada suaminya. Selain itu, wanita muslimah juga tetap memiliki kesempatan untuk berjuang, misalnya saja melakukan dakwah atau bahkan ada juga yang berjihad di medan perang.

8. Wanita yang Memiliki Rasa Malu

Secantik apapun wanita apabila tidak memiliki rasa malu maka tidak akan masuk ke dalam definisi cantik perspektif Islam. Rasa malu menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi wanita muslimah. Rasulullah telah memberi contoh tentang rasa malu.

Rasulullah merupakan seorang laki-laki namun rasa malu yang dimilikinya melebihi rasa malu perempuan. Jadi jangan sampai sebagai wanita muslimah kita terlalu berani mengumbar aurat atau tidak membatasi diri karena kurangnya rasa malu.

9. Wanita yang Menjaga Diri dan Keluarga

Definisi cantik perspektif Islam yang lainnya yaitu seorang muslimah yang memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri dan keluarganya. Wanita yang sudah menikah memiliki tanggung menjawab yang besar untuk mendidik anak-anak serta merawat keluarga.

Wanita muslimah yang memiliki wajah cantik namun menelantarkan keluarganya tidak akan masuk sebagai wanita cantik berdasarkan pandangan Islam.

Allah menilai manusia khususnya dalam hal ini wanita bukan dari penampilan atau wajahnya. Seseorang memiliki nilai yang mulia di hadapan Allah apabila memiliki akhlak yang bagus serta taat kepada Allah. Tidak dipungkiri bahwa kecantikkan merupakan sesuatu yang indah. Bahkan Allah juga sangat menyukai keindahan. Namun tetap saja keindahan penampilan bukanlah sesuatu yang akan memberi pengaruh besar terhadap kemuliaan seseorang.

Kini Anda sudah mengetahui tentang definisi cantik perspektif Islam. Selanjutnya apabila seorang wanita muslimah ingin menjadi salah satu wanita cantik dalam perspektif Islam maka sebaiknya memiliki sifat-sifat seperti yang telah disebutkan di atas. Jangan sampai seorang wanita hanya fokus untuk mempercantik penampilan lahirnya saja.

Penampilan yang cantik memang indah dipandang mata, namun kecantikan hati akan membuat penduduk bumi dan langit terpesona dengan akhlaknya. Semoga definisi cantik perspektif Islam yang disampaikan di atas bisa menjadi pelajaran dan menginspirasi setiap muslimah agar memiliki kecantikan yang sesungguhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 4 =