Dikenal Sebagai Buah Surga, Begini Manfaat Buat Tin

Manfaat Buah Tin
Fresh figs on black stone background. Food photo created by valeria_aksakova – www.freepik.com

Buah Tin adalah salah atau buah yang banyak disebut dalam Al Qur’an. Buah ini banyak tumbuh di negara timur tengah. Namun seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan mendapat buah ini, akhirnya buah Tin dibudidayakan di beberapa negara lainnya. Terutama negara dengan penduduk Islam mayoritas seperti di Indonesia.

Buah Tin ini biasa dikonsumsi dalam bentuk mentah dan kering. Ada pula yang mengolahnya menjadi jus buah yang segar. Pada beberapa negara muslim lain, buah Tin juga dimanfaatkan sebagai campuran untuk pembuatan kue. Untuk mendapat salad yang sehat dan segar, biasanya menggunakan buah Tin sebagai campurannya.

Kandungan Buah Tin

Buah Tin mengandung banyak zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Seperti serat, vitamin, mineral dan gula alami. Sebagai buah yang sering digunakan pada campuran salad, tentu saja tidak mengandung banyak kolesterol dan juga rendah lemak.

Selain itu, manfaat lain yang diberikan oleh buah tin adalah selenium, sodium, zinc, kalsium, magnesium, mangan, zat besi dan juga kalium. Dimana semua kandungan zat tersebut sangat diperlukan untuk memaksimalkan peran organ dan menyehatkan tubuh.

Manfaat Buah Tin

Sebagai buah yang dikenal dengan buah surga, berikut beberapa manfaat buah tin bagi kesehatan :

1. Mencegah Diabetes

Manfaat buah tin yang pertama adalah mencegah Diabetes. Kadar gula dalam darah yang berlebih akan memicu penyakit diabetes. Untuk mencegah ini terjadi, anda bisa mengonsumsi buah tin sebagai salah satu menu makanan sehari-hari. Karena buah tin mampu mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga bisa tetap dalam batas normal.

Selain itu, buah tin juga terbukti mampu meningkatkan kadar sensitifitas insulin dalam tubuh. Kadar asam lemak yang tidak normal dan level vitamin E yang tidak stabil bisa diatasi dengan mudah menggunakan buah ini.

2. Memperlancar Saluran Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada buah tin mampu memperlancar buang air besar dan mengurangi penyerapan lemak pada saluran pencernaan. Serat yang tinggi pada buah tin bisa menambah masa feses dan membuat teksturnya menjadi lembek. Dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa manfaat buah tin mampu menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh.

3. Mengatasi Anemia

Anemia adalah suatu keadaan dimana tubuh kekurangan sel darah merah sehingga menyebabkan berbagai gangguan pada kesehatan. Kadar hemoglobin yang menurun akibat dari anemia membuat distribusi zat makanan pada seluruh bagian tubuh menjadi terhambat. Kadar zat besi yang tinggi pada buah tin bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi sel darah merah sehingga mampu mengatasi anemia.

4. Meningkatkan Daya Imun Tubuh

Manfaat buah tin selanjutnya adalah untuk meningkatkan daya imun tubuh. Buah tin mangandung banyak antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dari luar. Kandungan berbagai macam vitamin dan mineral yang tinggi akan turut serta meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga mampu menghindari berbagai macam serangan virus dan bakteri penyebab penyakit.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Buah tin mengandung banyak vitamin A karetenoid yang tinggi. Sehingga bisa meningkatkan kesehatan mata. Manfaat buah tin lainnya adalah mencegah degenerasi makula. Degenerasi makula adalah sebuah keadaan dimana akan menurunkan kemampuan penglihatan penderitanya. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan memasukkan buah tin sebagai salah satu daftar buah pada menu makanan sehari-hari.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi pada buah tin mampu menjaga kesehatan tulang. Selain itu, buah tin juga bisa membantu mencegah tulang keropos dengan memberinya nutrisi secara maksimal. Dengan nutrisi tulang yang baik inilah regenerasi tulang akan segera bisa dilakukan jika terjadi keropos seiring bertambahnya usia.

Berbagai Olahan Buah Tin

Setelah mengetahui berbagai manfaat buah tin di atas, tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi buah tin. Buah tin tidak sulit untuk ditemukan di Indonesia. Bisa dibeli di beberapa pasar swalayan. Atau kalau ingin membudidayakannya, bisa membeli bibit buah ini di toko tanaman.

Untuk menikmati manfaat buah tin, anda bisa mengonsumsinya secara langsung. Atau mengolahnya menjadi beberapa olahan masakan berbahan buah tin yang menyegarkan. Berikut beberapa olahan buah tin yang bisa anda lakukan sendiri di rumah :

1. Diolah Menjadi Selai

Meski tidak terlalu familiar di Indonesia, selain buah tin cukup banyak tersedia di beberapa negara timur tengah. Seperti layaknya selai. Buah lainnya, selain buah tin biasa digunakan untuk campuran roti tawar.

Cara pembuatan selai buah tin sangat mudah. Cukup blender buah tin hingga halus. Lalu campurkan gula putih dan perasan air lemon. Masak hingga teksturnya mengental seperti selai lainnya. Setelah dingin siap dinikmati dengan roti atau cake tawar.

2. Bolu Tart Buah Tin

Bolu Tart yang biasa diberi topping buah jeruk atau strawberry, bisa juga diganti dengan topping buah tin. Gurihnya adonan bolu Tart bercampur dengan segarnya buat tin membuat siapapun tidak mau berhenti mengunyah. Cocok digunakan sebagai kue ulang tahun anak.

3. Dibuat Cake Buah Tin

Selain digunakan untuk topping tart, buah tin juga cocok digunakan untuk campuran kue. Paduah buah tin dengan kacang almond akan membuat cake ini terasa berbeda. Tidak seperti cake pada umumnya.

4. Olahan Fig Roll

Fig Roll adalah olahan kue kering sejenis nastar. Bagian luar terbuat dari adonan yang gurih dan crumbly. Sedangkan dalamnya diisi dengan berbagai olahan selai. Seperti selain nanas, selai srikaya, hingga bahkan selai coklat.

Agar olahan Fig Roll ini terasa istimewa, anda bisa menambahkan selai buah tin untuk isian dalamnya. Salain terasa istimewa, isian selai buah tin ini memberi tekstur rasa kuliner timur tengah.

5. Fig Bruschettay yang Istimewa

Punya tamu dari timur tengah tapi bingung mau menyuguhi apa? Cobalah memberikan suguhan Fig Bruschettay dengan tambahan buah tin. Cara pembuatannya sangat sederhana. Cukup panggang roti tawar, lalu tambahkan daging asap, keju mozzarella, saus mayoness, dan juga potongan buah tin.

Fig Bruschettay ini cocok dimakan bersama segelas teh hangat di sore hari. Atau bisa juga digunakan sebagai sarapan lezat dan sehat di pagi hari.

6. Jus Buah Tin

Jus buah tin sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Selain segar diminum disiang hari yang panas, jus buah tin juga kaya akan manfaat kesehatan. Untuk memberi manfaat yang maksimal, sebaiknya ganti gula dengan madu atau gula palm sebagai pemanis pada jus buah tin ini.

7. Salad Buah Tin

Apa yang ada difikiran anda ketika mendengar kata salad? Iya. Pasti segar, sehat dan lezat. Salad biasa dibuat dengan aneka macam sayuran dan buah dengan fambahan telur atau tahu sebagai protein. Untuk mendapat sensasi yang berbeda ketika menikmati salad, anda bisa menambahkan buah tin di dalamnya. Lalu tambahkan perasan air lemon dan siraman minyak zaitun.

Itulah beberapa manfaat buah tin dan berbagai cara pengolahannya. Anda memiliki cara pengolahan buah tin lainnya? Cobalah berbagi pada kolom komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − four =