Pastikan Makanan yang dikonsumsi Halal Dengan Cara Berikut Ini

cara mengetahui makanan halal
Delicious halal food for a Ramadan feast. Food photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Cara mengetahui mkanan halal – Siapa yang tidak suka traveling? Pergi ke negara-negara lain di berbagai belahan dunia memang menyenangkan. Kita bisa melihat berbagai hal baru yang belum pernah ditemui di Indonesia. Namun sayangnya pergi traveling ke beberapa negara tidak semudah yang dibayangkan. Terutama ketika harus mencari makanan yang halal. Kecuali jika travelingnya ke negara timur tengah.

Mencari makanan di negara dengan penduduk beragama Islam sebagai minoritas tidaklah mudah. Bahkan ketika sudah lama berkeliling masih belum juga menemukan restoran dengan label halal.

Tips Cara Memilih Makanan Halal

Makan tidak hanya sebatas kenyang dan bergizi saja. Sebagai muslim dimanapun kita berada tetap diwajibkan mengonsumsi makanan halal. Bahkan ketika berada di negara dengan muslim minoritas. Jika terpaksa harus traveling ke negara dengan penduduk non muslim sebagai mayoritas, berikut beberapa cara mengetahui makanan halal atau tidak. Agar tidak salah pilih.

1. Pilih Restoran dengan Label Halal

Pergi ke negara dengan penduduk non muslim sebagai mayoritas, mungkin akan banyak makanan yang terbilang cukup aneh. Atau bahkan belum pernah ditemui sama sekali. Cara mengetahui makanan halal atau tidak adalah dengan membeli makanan di restoran berlabel halal.

Biasanya logo halal ditempel di pintu depan restoran. Dengan label halal, berarti sudah dipastikan tidak mengandung bahan makanan non halal. Restoran halal di luar negeri biasanya dikelola oleh muslim dan diperuntukkan untuk pengunjung dan warga lokal muslim.

2. Mencari Rekomendasi Restoran dengan Label Halal di Internet

Jika sekali datang di negara itu dan belum mengetahui dimana ada restoran halal, cara mengetahui makanan halal adalah mencari rekomendasi di internet. Carilah restoran yang menyediakan makanan halal terdekat.

Sebaiknya lakukan pencarian sebelum berangkat. Sehingga ketika sampai di sana anda tidak perlu repot mencari restoran yang menjual makanan halal. Setelah menemukan, baca juga testimoni dari pelanggan yang pernah makan di sana. Ketahui menu apa saja yang tersedia, berapa harganya, dan memang ada jaminan halal atau tidak.

Keadaan seperti ini mungkin tidak perlu anda lakukan jika traveling dengan jasa agent travel. Karena pihak travel agent akan langsung membawa ke restoran yang menyediakan makanan halal.

3. Baca Komposisi Makanan dengan Bahasa Asing

Di beberapa negara tertentu seperti Jepang, jarang mencantumkan logo halal pada kemasan makanan yang dijual di toko-toko. Untuk menyiasati ini, anda bisa mempelajari kode kandungan makanan non halal dalam bahasa asing yang biasa ada pada kemasan.

Kode komposisi makanan non halal seperti babi, darah, alkohol dan lain sebagainya bisa ditemukan dan dipelajari dengan mudah di internet. Pelajari terlebih dahulu sebelum berangkat traveling.

4. Memastikan Makanan Bebas Unsur Babi

Kebanyakan di luar negeri menggunakan babi sebagai bahan utama maupun tambahan. Baik daging babi ataupun minyak babi. Bahkan pada snack ringan juga banyak ditambahkan unsur babi untuk menambah kelezatan rasa yang dihasilkan.

Untuk itu cara mengetahui makanan halal adalah dengan memastikan makanan yang dibeli bebas mengandung unsur babi. Dengan cara mengetahui bahasa asing yang digunakan untuk komposisi berbahan babi. Terutama untuk produk seperti mie instan dan sejenisnya.

5. Memastikan bebas Alkohol

Sama seperti daging babi, penggunakan alkohol di luar negeri sebagai campuran makanan adalah hal yang biasa. Untuk itu cara mengetahui makanan halal juga sama. Dengan memastikan bahwa makanan atau minuman yang dibeli bebas kandungan alkohol.

Di Jepang, alkohol biasa disebut dengan shake. Shake ini tidak hanya diberikan secara langsung dalam bentuk minuman. Tapi juga digunakan sebagai proses pemasakan. Untuk memastikan apakah makanan atau minuman tersebut bebas alkohol atau tidak dengan cara mengetahui kode komposisi alkohol dalam bahasa asing.

6. Waspadai Makanan Dengan Kandungan Gelatin

Gelatin adalah zat yang didapat dengan cara mengekstrak kolagen dari kulit maupun tulang rawan hewan. Seperti babi, sapi maupun ikan. Pada dasarnya gelatin itu halal. Tapi jika yang diekstrak adalah kolagen dari daging babi, jelas terbukti keharamannya.

Produk makanan yang mengandung gelatin adalah kue coklat, permen dan juga kue basah. Tak hanya produk makanan saja. Beberapa obat juga menggunakan bahan gelatin.

Untuk menghindari terjebak mengonsumsi makanan haram, cara mengetahui makanan halal adalah dengan memastikan bahwa makanan tersebut bebas gelantin. Dengan membaca komposisi yang ada pada kemasannya.

Manfaat Mengonsumsi Makanan Halal

Meski terkesan merepotkan, cara mengetahui makanan halal di atas akan membantu anda menemukan makanan halal ketika berkunjung di negara dengan penduduk muslim sebagai minoritas. Jangan sepelekan masalah makanan halal. Karena dalam Al-Qur’an, Allah SWT sudah menjelaskan :

“Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.”

(Al baqarah: 168)

Dari ayat tersebut mengonsumsi makanan halal tidak tidak hanya sebatas kewajiban. Tapi juga akan memberikan manfaat tersendiri. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi makanan halal :

1. Menjauhi Sumber Penyakit

Menjauhi makanan haram sama artinya menjauhi najis dan kotoran. Ketika tubuh jauh dari kotoran dan najis, maka akan jauh juga dari penyakit. Karena kotoran dan najis itulah penyebab utama tumbuhnya penyakit dalam tubuh.

2. Sebagai Sumber Tenaga

Makanan yang halal dan Thayib bila dikonsumsi akan diubah menjadi sumber tenaga yang sehat. Mengonsumsi makanan halal sama artinya memberi tubuh sumber tenaga yang baik untuk menunjang aktifitas. Sehingga menjadikan segala aktifitas menjadi lebih berkah dan bermanfaat.

3. Menjaga Hati dan Akal

Mengonsumsi makanan yang tidak halal akan menjadikan shalat dan ibadah lainnya menjadi kurang khusu. Shalat yang kurang khusu inilah yang akan menjadikan hati dan akal menjadi keras. Sehingga sulit untuk menerima nasehat yang baik.

4. Mendapatkan Ridha Allah SWT

Allah SWT akan memberi ridha-Nya kepada siapapun hamba yang menuruti semua perintah dan menjauhi larangan-Nya. Termasuk menjauhi makanan yang diharamkan dalam kitab suci-Nya. Inilah yang menjadi alasan mengapa harus mengonsumsi makanan yang halal. Agar mendapat keridhaan Allah SWT dalam setiap langkah. Sehingga hidup menjadi lebih mudah dan berkah.

5. Mampu Menuntun Manusia Ke Syurga

Ridha Allah SWT tidak hanya akan mengantarkan manusia pada jalan kemudahan hidup. Tapi juga menuju ke syurga. Ketika Allah SWT Ridha pada hamba-Nya yang telah berusaha menghindarkan hal haram dengan mengonsumsi makanan halal, maka syurgalah balasannya.

Selain itu, memakan makanan halal akan menyelamatkan manusia dari siksa api neraka. Seperti apa yang pernah dikatakan oleh Rasul daging manusia yang berasal dari makanan haram akan langsung dibakar di api neraka.

6. Mampu Memperbaiki Keturunan

Memberikan nafkah dan makanan yang halal pada keluarga akan menjadikan keluarga yang selalu merasa tentram, penuh cinta dan Rahmat Allah SWT. Sehingga keluarga akan terasa lebih harmonis dengan keturunan yang shaleh dan shalehah.

Demikian cara mengetahui makanan halal dan manfaat mengonsumsi makanan yang halal. Pernah memiliki pengalaman mencari halal food di luar negeri? Cobalah berbagi pada kolom komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + 2 =