Sukses Menjadi Wanita Karier Dengan Segala Tantangannya

Ilustrasi muslimah menjadi wanita karier
Ilustrasi muslimah menjadi wanita karier. Islamic photo created by marymarkevich – www.freepik.com

Islam menganjurkan agar wanita lebih banyak mengambil peran di dalam rumah daripada di luar. Ini berkaitan dengan banyaknya fitnah yang bisa saja terjadi ketika wanita memutuskan untuk bekerja di luar rumah. Namun dibalik anjuran itu, masih ada beberapa wanita yang memutuskan bekerja di luar rumah dengan berbagai alasan yang syar’i.

Di beberapa perusahaan besar, peran wanita sebagai karyawan memang lebih diprioritaskan. Hal ini bukan tanpa alasan. Karena dari berbagai penelitian, kinerja wanita lebih baik dibandingkan laki-laki untuk beberapa posisi tertentu. Wanita dianggap lebih teliti, kuat, dan bisa mengontrol emosi lebih baik lagi.

Dari pertimbangan inilan statistik pegawai wanita meningkat beberapa tahun terakhir dibandingkan laki-laki. Bahkan ada beberapa jabatan publik strategis di beberapa kementerian yang diduduki oleh wanita. Ini membuktikan bahwa wanita masih memiliki talenta yang tidak bisa disia-siakan begitu saja.

Agar Sukses di Rumah, Sukses Pula di Kantor

Menjadi wanita karier itu tidak semudah yang dibayangkan. Karena sudah pasti dia memiliki dua peran yang harus dijalankannya sekaligus. Peran di rumah sebagai istri dan ibu, dan peran di kantor sebagai karyawan yang profesional. Agar kedua peran itu sama-sama sukses, intip beberapa nasehat sederhana tapi inspiratif berikut ini :

1. Selalu Terbuka Pada Setiap Kesempatan

Ada kalanya sebagai wanita hanya menerima kesempatan tertentu. Biasanya yang berkaitan dengan minat, bakat dan konsentrasi pendidikan. Tapi bagaimana jika ternyata yang datang adalah kesempatan di luar itu semua? Tidak ada salahnya mencoba. Karena bisa jadi itu adalah kesempatan yang bisa mengantarkan pada kesuksesan.

Awalnya mungkin agak terasa sulit. Karena dipaksa untuk memahami banyak hal di luar bidangnya. Hal baru itu menuntut untuk lebih banyak lagi dipelajari. Tapi jika anda bersabar, suatu saat anda akan mengucapkan banyak terima kasih karena diberi kesempatan itu.

2. Jangan Takut Gagal

Bukan hanya pengusaha saja yang bisa mengalami kegagalan. Karyawan juga bisa mengalaminya. Salah satunya adalah kegagalan memenuhi ekspektasi perusahaan tentang kinerja anda. Tidak masalah mengalami kegagalan. Selama perusahaan masih memberi kesempatan, itu berarti anda masih bisa bangkit lagi.

Cobalah untuk mengevaluasi kinerja beberapa waktu terakhir. Dari sini anda akan memperoleh banyak alasan mengapa bisa gagal. Perbaiki. Jangan mengulangi kesalahan yang sama. Maka perlahan kinerja anda akan membaik seiring berjalannya waktu.

3. Selalu Fokus

Wanita memang diberi kelebihan sebagai makhluk yang multitasking. Sehingga banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan secara bersama-sama. Tapi jika anda merasa bukan wanita dengan sifat multitasking yang sempurna, sebaiknya fokuslah menyelesaikan satu pekerjaan dulu sebelum memutuskan menyelesaikan pekerjaan lainnya. Fokus ini akan memberikan hasil kerja yang lebih baik.

4. Selalu Percaya Diri

Percaya diri yang tinggi sangat diperlukan ketika anda menjadi wanita karier. Karena percaya diri adalah kunci kesuksesan dalam banyak hal. Rasa percaya diri ini bisa ditunjukkan ketika anda diberi tugas untuk menyelesaikan pekerjaan di kantor. Selesaikanlah dengan segenap kemampuan yang dimiliki.

5. Tidak Lelah Pada Setiap Proses Belajar

Belajar adalah seumur hidup. Kemauan untuk belajar dan membuka diri pada banyak hal akan mempercepat langkah anda menjadi wanita karier yang sukses. Pelajarilah berbagai softskill yang bisa meningkatkan kualitas diri. Dengan banyak softskill yang dimiliki, akan ada banyak kesempatan yang bisa diraih.

Pandangan Islam Tentang Wanita Karier

Pandangan ulama tentang wanita yang bekerja di luar rumah berbeda-beda. Ada yang memperbolehkan tanpa syarat, ada yang memperbolehkan dengan syarat, dan ada pula yang tidak memperbolehkan sama sekali. Tapi merujuk dari banyak pendapat, mereka yang memperbolehkan dengan syarat mengacu pada cerita salah seorang istri Rasul yang sukses dengan usahanya. Yaitu Khadijah.

Dikisahkan Khadijah adalah istri pertama Rasul yang sukses menjadi pengusaha. Beliau berdagang pakaian hingga ke negara-negara tetangga. Kesuksesan Khadijah inilah yang dijadikan parameter dibolehkannya wanita bekerja di luar dengan syarat-syarat tertentu.

Salah satunya adalah kemampuan seorang wanita untuk menjaga ibrahnya sebagai seorang wanita. Selain itu, meski menjadi wanita karier seorang wanita tidak boleh melupakan begitu saja tugasnya sebagai seorang ibu dan istri bagi keluarganya. Selama itu dipenuhi, maka Islam memperbolehkan bagi wanita untuk bekerja di luar.

Keuntungan Menjadi Wanita Karier

Dibalik pro dan kontra yang ada, menjadi wanita karier memberi keuntungan tersendiri. Berikut 5 keuntungan yang bisa didapat dari seorang wanita karier :

1. Lebih Mandiri

Dibandingkan dengan wanita yang tidak bekerja, wanita karier memiliki kesempatan mandiri dalam hal finansial. Ketika dia butuh sesuatu yang berkaitan dengan uang untuk keperluan pribadi, dia tidak perlu meminta pada suami. Bahkan ketika terjadi krisis finansial pada keluarganya, dia bisa menggunakan uang itu untuk meringankan beban suaminya.

2. Percaya Diri

Pekerjaan tertentu memerlukan skill tertentu yang tidak dimiliki setiap orang. Keahlian inilah yang akan membuat pemiliknya menjadi lebih percaya diri. Misalkan saja anda bekerja di kantor sebagai seorang accounting. Tidak semua orang bisa membuat laporan keuangan. Jika anda menguasainya, itu adalah kelebihan yang tidak dimiliki semua wanita. Sehingga bisa meningkatkan rasa percaya diri anda.

3. Tidak Banyak Merepotkan Orang Lain

Bayangkan ketika suami yang selama ini menjadi tulang punggung meninggal atau mengalami sakit sehingga tidak bisa membuatnya bekerja lagi. Jika selama ini istri terbiasa bekerja, beban itu lebih ringan dibandingkan dengan istri yang tidak bekerja.

Ketika dihadapkan pada keadaan kehilangan tulang punggung ekonomi keluarga, tentu dibutuhkan orang yang bisa menopang ekonomi keluarga. Jika istri bisa menggantikannya, maka tidak perlu merepotkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

4. Memiliki Pandangan yang Luas

Menjadi wanita karier selalu memberi kesempatan pada wanita untuk memiliki pengetahuan dan pandangan yang luas. Menjadi pekerja selalu menuntut Anda untuk terus belajar setiap harinya. Semakin banyak belajar, maka akan banyak pengetahuan yang bisa anda miliki dibanding wanita yang tidak bekerja. Dari sinilah kemampuan anda sebagai wanita bisa berkembang sehingga akan lebih disegani tetangga sekitar.

5. Memiliki Pengaturan Waktu yang Baik

Menjadi istri, ibu sekaligus wanita karier selalu menuntut Anda untuk mengatur waktu sebaik mungkin. Setiap hari harus berkutat dengan berbagai kesibukan dan peran yang harus selesai tepat waktu. Disadari atau tidak, sebenarnya anda sedang belajar tentang manajemen waktu secara langsung. Sehingga membuat anda memiliki sistem pengaturan waktu yang lebih baik.

Hidup adalah pilihan. Termasuk menjalani peran sebagai wanita. Apakah hanya ingin menjalani peran sebagai istri dan ibu saja? Atau memilih menambah peran lain sebagai wanita karier. Semua keputusan ada di tangan anda.

Namun apapun keputusan itu, tetaplah menjadi wanita yang menjaga fitrah sebagai wanita. Jika memang memutuskan untuk menjadi wanita karier, tetap semangat. Memang akan terasa lelah. Tapi jika kita ikhlas, maka lelah itu akan berbuah menjadi berkah. Dan syurgalah balasan di akhirat kelak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + fourteen =