Ternyata Ini Manfaat Minyak Buah Zaitun Untuk Kecantikan

6 manfaat minyak buat zaitun untuk kecantikan
Buah Zaitun. Gambar oleh Artvision-So dari Pixabay

Yang sering baca al-qur’an atau bahkan mengkaji tafsirnya, tidak akan asing dengan buah Zaitun. Selain kurma dan delima, zaitun banyak muncul di beberapa ayat al-qur’an. Buah-buah tersebut banyak disebut di dalam kitab suci ummat islam bukan tanpa alasan. Berbagai manfaat diberikan buah-buah tersebut bagi manusia. Mulai dari manfaat bagi kesehatan sampai manfaat bagi kecantikan.

Sedikit Tentang Buah Zaitun

Zaitun merupakan buah dari tumbuhan perdu yang jenisnya banyak tersebar di kawasan tepian laut tengah. Tidak seperti pohon buah lain yang berumur pendek. Pohon buah zaitun memiliki umur yang panjang. Bahkan bisa mencapai ratusan tahun. Jauh lebih panjang dari umur manusia. Maka dari itu, biasanya buah ini dipanen dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Pohon buah yang bernama latin Olea Europea ini berasal dari suku Oleaceae yang memiliki beragam perawakan. Mulai dari varietas menjulang dengan tinggi 8 meter, varietas menjalar hingga yang berupa semak-semak. Jenis tanaman ini banyak ditemukan di berbagai negara kecuali negara dengan daerah dingin.

Buah zaitun banyak dikonsumsi sebagai campuran makanan. Ada juga yang mengekstraknya menjadi minyak zaitun yang diklaim lebih sehat dibandingkan dengan minyak hasil kelapa sawit. Karena banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan makanan, banyak zat gizi yang terkandung dalam buah ini. Antara lain vitamin A, Vitamin B, fosfor, besi, zat garam, serta protein yang cukup tinggi.

Dari dulu, minyak zaitun dipercaya sebagai nutrisi untuk menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Para dokter dan ahli kesehatan menyarankan bagi para pasien dengan keluhan kolesterol tinggi untuk mengganti minyak kelapa sawit dengan minyak zaitun. Karena minyak ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan mengurangi resiko penyakit akibat penyumbatan pembuluh darah.

Selain banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan karena baik untuk kesehatan, buah zaitun juga dimanfaatkan untuk kecantikan. Banyak perusahaan kosmetik yang menggunakan bahan baku minyak zaitun untuk berbagai produk yanhg dihasilkan. Seperti untuk produk sabun mandi, pelembab kulit, cream wajah, hand and body lotion dan berbagai produk perawatan kulit lainnya.

6 manfaat Minyak Zaitun untuk perawatan kulit
Minyak Zaitun dan Buah Zaitun. Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Berbagai Manfaat Minyak Buah Zaitun Untuk Kecantikan Kulit

Untuk bisa mendapatkan kulit wajah yang sehat, segar dan cantik, anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli paket skin care dari bahan kimia. Karena perawatan rumahan dengan menggunakan minyak zaitun justru memberi efek lebih baik dan lebih sehat dibandingkan dengan skin care berbahan kimia.

Perawatan wajah menggunakan minyak zaitun cukup sederhana. Selain itu, harganya juga sangat terjangkau. Ini akan sangat membantu bagi anda yang ingin tetap tampil cantik dengan budget yang terbatas.

Lalu apa saja manfaat minyak zaitun untuk perawatan kecantikan? Berikut informasi selengkapnya :

1. Menghapus Riasan di Wajah

Tahukah anda? Bahwa minyak zaitun ternyata mampu membersihkan sisa make-up yang menempel di wajah. Cukup tuangkan minyak zaitun murni pada kapas, lalu gunakan untuk membersihkan wajah dari sisa make-up. Kadar minyak alaminya mampu mengikis kotoran hingga ke dalam pori-pori terdalam kulit. Sehingga kulit akan tetap segar setelah seharian ditempa dengan berbagai macam make-up dan kotoran.

Agar wajah bisa bersih sempurna, anda juga bisa menggunakan sabun pembersih wajah yang terbuat dari minyak zaitun. Lalu keringkan wajah dengan menggunakan handuk kering dan bersih. Banyak produk kosmetik dan perawatan kulit yang menggunakan minyak zaitun ini. Anda bisa memilihnya sesuai dengan brand kosmetik yang biasa digunakan.

2. Mampu Melembabkan Kulit

Tak hanya membersihkan wajah. Minyak zaitun juga biasa digunakan sebagai pelembab kulit. Terutama bagi anda yang memiliki kulit cenderung kering. Mengoleskan minyak zaitun pada kulit kering akan mengurangi kerutan dan tanda penuaan dini.

Cara penggunaanya cukup mudah. Oleskan minyak zaitun murni pada wajah yang telah dibersihkan dari sisa make-up. Oles secara perlahan sambil sedikit lakukan pijatan ringan pada wajah. Selain itu, anda juga bisa mencampur minyak zaitun pada produk pelembab wajah untuk menambah kadar kelembaban sesuai dengan yang diinginkan.

3. Mengatasi Kulit yang Bermasalah

Memiliki kulit yang bermasalah memang membosankan. Seperti mudah berjerawat, kering, sensitif, dan sulit dicover dengan make-up. Jika anda memiliki kulit seperti ini, tak perlu khawatir. Karena dengan menggunakan minyak zaitun murni, segala masalah yang terjadi pada kulit wajah bisa segera teratasi.

Minyak zaitun mengandung oleochantal yang bisa digunakan untuk mengatasi peradangan pada kulit. Cara penggunaannya juga sangat mudah. Campurkan 2 hingga 3 sendok minyak zaitun murni pada air hangat. Lalu gunakan air ini untuk mandi atau sekedar membasuh wajah. Agar mendapat hasil yang maksimal, anda bisa melakukan treatment ini seminggu tiga kali.

4. Bisa dijadikan Scrub Kulit Wajah

Sering mengeluh karena kulit terlihat kering, berkerut hingga bersisik? Tak perlu menggunakan perawatan berbahan kimia dengan harga yang cukup mahal. Karena hanya dengan menambahkan minyak zaitun dalam bahan scrub wajah, semua masalah kulit kering akan teratasi.

Bahan dan cara penggunaannya juga mudah. Ambil 5 sendok makan garam laut. Lalu campurkan dengan 3 sdt minyak zaitun. Gunakan scrub alami ini untuk memijat bagian kulit yang terasa kering dan bersisik. Dengan penggunaan yang teratur, anda tidak hanya akan mendapatkan kulit yang lembab saja. Tapi juga wajah yang bebas dari sel kulit mati dan flek hitam.

5. Membantu Menghilangkan Jerawat Sekaligus Bekasnya

Memiliki jerawat batu yang membandel memang menyebalkan. Apalagi jika menyisakan bekas yang akan mengurangi kecantikan kulit wajah. Jika sudah seperti ini, kebanyakan wanita akan memilih menggunakan perawatan dokter kulit dengan biaya yang selangit.

Tapi hal tersebut tidak perlu dilakukan jika sudah ada minyak zaitun murni di rumah anda. Cukup oleskan minyak zaitun pada kulit yang berjerawat atau terdapat bekas jerawat. Lakukan dengan sedikit pijatan lembut. Jika cara ini anda lakukan secara teratur, maka wajah akan terlihat bersih segar bebas jerawat.

6. Memberi Manfaat Lain

Tak hanya sebatas untuk kulit wajah. Manfaat minyak zaitun lainnya juga bisa dirasakan jika anda memiliki rambut yang kering, bercabang dan sulit diatur. Cukup mengoleskan sedikit minyak zaitun pada rambut sehabis keramas. Kandungan vitamin A dan E yang tinggi pada minyak zaitun mampu memperbaiki rambut yang kering dan rusak.

Selain memperbaiki rambut yang rusak, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk mengusir ketombe yang membandel. Caranya sangat mudah. Ambil minyak zaitun secukupnya lalu campurkan dengan perasan air lemon. Oleskan pada kulit kepala secara menyeluruh sambil melakukan pijatan ringan. Dengan pemakaian yang teratur, maka rambut dan kulit kepala anda akan lebih sehat, terlihat indah dan terbebas dari ketombe yang menjengkelkan.

Bagaimana? Ternyata minyak zaitun tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan. Tapi juga untuk kecantikan. Jadi tidak salah jika buah ini banyak disebut pada ayat-ayat al-qur’an. Tunggu apa lagi? Selalu sediakan minyak zaitun murni di rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + 7 =